PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Cara menganalisis
dan memperbaiki kerusakan mesin pendingin (kulkas) “lemari es”, terlebih
dahulu kita harus mengetahui keadaan mesin pendingin yang bersangkutan. Setelah
mengetahui keadaa mesin pendingin itu, selanjutnya dilakukan pemeriksaan.
Pada umumnya
gangguan pada kulkas dan freezer terjadi disebabkan oleh kebocoran pada bagian
pipa-pipanya, terlalu berlebihan dalam pengisiannya gas freon, konsleting pada
kumparan motornya, dan kekurangan dalam pengisian gas freon, dan kebocoran
kompresor, adapun kerusakan yang sering terjadi pada kulkas satu pintu
diantaranya:
1.
Kulkas
Mati Total
Kulkas mati total
adalah ketika semua komponen pada kulkas mati dalam waktu yang bersama-sama,
hal ini disebabkan oleh aliran listrik yang tidak masuk pada komponen yang ada
dalam kulkas.
2.
Kulkas
Tidak Dingin
Kulkas tidak dingin
dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti : terjadi kebocoran refrigran,
kompresor mengalami kerusakan, listrik tidak masuk ke kompresor, PTC rusak,
overload rusak, buntu, pintu kulkas tidak tertutup rapat.
3.
Freezer
Dingin Tidak Merata
Freezer dingin tidak
merata hal ini disebabkan oleh aliran refrigran yang tidak lancar karena
disebabkan oleh beberapa hal seperti: tersumbatnya system refrigran, kompresor
sudah tidak dapat bekerja maksimal,kekurangan oli, refrigran berkurang, terhambatnya
pembuangan panas pada kondensor, evaporator kotor, suhu lingkungan yanf terlalu
tinggi.
4.
Freezer
Dingin Tidak Maksimal
Freezer dingin tidak
maksimal biasanya ditandai dengan es yang ada pada freezer mencair dan tidak
bias membeku kembali hal ini disebabkan oleh terlalu banyak beban yang ada
dalam freezer, pada evaporator terdapat oli/kotoran, pengatur suhu mengalami
kerusakan, overload rusak.
5.
Mesin
Kulkas Tidak Bekerja
Sedangkan saat
socket ditancapkan pada stop kontak PLN mesin kulkas tidak bekerja sama sekali
ini menandakan adaya kerusakan pada mesin kulkas. Motor tidak terdengar
gerakannya, kompresor pun demikian ini. Jika menjumpai kerusakan-kerusakan yang
demikian ini, maka perlu diadakan perkiraan atau dugaan untuk mengetahui penyebabnya.
Umumnya, jika kulkas tidak bekerja meskipun kabel sudah tersambung ke stop
kontak mungkin disebabkan oleh hal-hal berikut.
a.
Starting
pada kapasitorterbuka
b.
Overload
terbuka
c.
Kontak
pada relay terus terbuka
d.
Ada
kabel socket yang putus
e.
Open
sircuitnya pada strating wing tidak berkerja sama sekali.
Inilah masalah -
masalah yang sering muncul pada kasus selama saya praktek.
B.
Rumusan
Masalah
Dari sekian banyak
masalah yang ada, maka muncul pertanyaan-pertanyaan dalam pikiran saya, diantaranya
:
1.
Bagaimana
cara memeriksa kerusakan pada lemari kulkas ?
2.
Bagaimana
cara memperbaiki kompressor kulkas ?
3.
Alat-alat
apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengganti Kompressor kulkas?
C.
Tujuan
Penulisan
1.
Mengetahui
bagaimana cara memeriksa kerusakan pada lemari kulkas
2.
Mengetahui
bagaimana cara memperbaiki kompressor kulkas
3.
Mengetahui
alat-alat yang harus dipersiapkan untuk mengganti Kompressor kulkas
BAB II
CARA MEMERIKSA
KERUSAKAN LEMARI ES
A.
Cara
Mengatasi Mesin Kulkas Tidak Bekerja
Apabila diduga ada
kabel saluran menuju stop kontak yang terputus maka langkah-langkah yang harus
dilakukan sebagai berikut.
a.
Memeriksa
sambungan kabel dalam socket. Biasanya gangguan ada di daerah ini dengan
terputusnya kabel.
b.
Memeriksa
seluruh permukaan kabel mulai dari jack sampai ke mesin pendingin.
c.
Memeriksa
pula saluran yang menuju atau yang menempel pada dinamo. Mungkin pada
tap-tapnya terlepas.
Apabila diduga
gangguan pada overload, biasanya tegangan menjadi turun bahkan lenyap sama
sekali. Hal-hal yang perlu dilakukan antara lain.
a.
Memeriksa
sumber tegangan.
b.
Mengukur
dengan menggunakan multitester untuk mengetahui tegangan yang masuk apakah
sesuai dengan kebutuhan mesin pendingin.
c.
Mencari
lokasi yang menyebabkan tegangan arus listrik menjadi menurun.
Kulkas tidak bekerja
disebabkan pula karena starting kapasitor terbuka. Untuk melihat ini perlu
memeriksa kapasitornya. Jika ternyata sudah aus, maka harus diganti dengan yang
baru. Jika putus, cukup disolder. Selain itu, mungkin relay kontak terus
membuka sehingga arus listrik tidak bisa mengalir. Ini dapat mengakibatkan
dinamo tidak mendapatkan tenaga dan tetap mati. Langkah-langkah yang perlu
dilakukan saeperti berikut.
a.
Memeriksa
kabel-kabel pada relay yang bersangkutan.
b.
Memeriksa
plat-plat apakah masih berfungsi.
c.
Memeriksa
sistem pengaturan, apakah normal.
Apabila mesin
pendingin atau kulkas tidak jalan mungkin juga sircuit pada startingnya
mengalami gangguan, tindakan yang harus dilakukan pemeriksaan bagian ini untuk
memastikan dugaan. Jika memang terdapat gangguan perlu dilakukan
perbaikandengan cara pengaturan yang disesuikan dengan petunjuk.
Gangguan lain pada
mesin pendingin dapat berupa suara berisik. Apabila dijumpai kulkas yang
menimbulkan suara berisik hendaknya jangan dibiarkan. Kalau dibiarkan
berlarut-larut dikhawatirkan akan mempengaruhi unit lainnyasehingga timbul
kerusakan baru. Sebaiknya diperiksa. Kemungkinan-kemungkinan suara berisik pada
mesin pendingin disebabkan oleh hal-hal berikut.
• pipa yang
berhimpitan dengan cabinet,
• sekrup atau baut
yang kurang keras atau terlepas,
• kerusakan pada
fan, dan
B.
Cara
Memeriksa Kompressor Kulkas
Dalam sebuah sistem
pendingin seperti AC, Kulkas, Freezer, Chiller, Show case dll Kompresor adalah
sebuah komponen vital yang berfungsi mensirkulasi kan Gas Refrigerant. jika
kompresor mengalami gangguan atau mengalami kerusakan, pada umumnya pemilik
enggan untuk mengganti komponen ini dengan yang baru, dengan harga yang cukup
tinggi dipasaran, harga kompressor kulkas 1 pintu saja bisa dibandrol tidak
terpaut jauh dengan harga beli kulkas bekas yang masih layak pakai.
Ada beberapa jenis
kerusakan yang masih bisa diperbaiki dari alat ini seperti kerusakan gulungan
elektro motor nya dan kerusakan mekanis, kerusakan gulungan tentu bisa digulung
ulang sedangkan untuk kerusakan mekanis seperti piston, reed valve dll, sayang
untuk kompresor ukuran kecil tidak ada spare part baru yang dijual, sehingga
kita hanya bisa menggantinya dari hasil copotan kompresor lain, untuk
memperbaiki kerusakan-kerusakan tadi kita harus membelah kompresor tersebut dan
harus dilakukan secara cermat dan bersih.
Agar tidak
ribet dan mesti merogoh kocek terlalu dalam jika suatu hari kulkas anda
mengalami hal yang tidak diharapkan, lebih baik menyimak tips dari saya tentang
cara memeriksa kondisi "kesehatan" kompresor kulkas anda, siapa tahu
bermanfaat.
Mengecek
gulungan elektro motor di dalam kompresor bagian 1 Biarkan kulkas dalam
keadaan on,siapkan peralatan utama seperti Obeng, Tang, Multi tester dan jika
ada clamp meter.
Setting clamp meter
(biasa disebut tang ampere) pada posisi pengukuran ampere, selipkan kabel yang
terhubung dengan overload switch kedalam lingkar clamp meter dan perhatikan
hasil pengukuran nya harus lebih rendah atau sama dengan data spesifikasi yang
tertulis dari pabrik kulkas tadi, misalkan jika tertulis "current :
0,6amp" maka hasil pengukuran harus sama atau sedikit lebih rendah tetapi
jika melebihi silahkan periksa tegangan listriknya dulu apakah sesuai kebutuhan
(220v) atau tidak, jika suara yang ditimbulkan kompressor lebih kasar pun bisa
berakibat naiknya arus ampere yang terukur.
Setting
multitester pada posisi pengukuran arus AC,dengan pen pengukur multitester
pertama dihubungkan kelantai kemudian yang lainnya ke body kompresor (pastikan
kebagian kompresor yang tidak dicat misalkan baud ground di kompresor atau pipa
tembaga nya, lihat apakah ada tegangan yang terukur di multi tester hasil dari
langkah tadi, jika tidak ada berarti gulungan dalam keadaan baik Mengecek
gulungan elektro motor di dalam kompresor bagian 2.
Matikan kulkas
dengan mencabut steker dari stop kontak bukalah penutup soket listrik kompresor
yang berada biasanya di sisi kiri atau kanan kompresor (lihat gambar) lepaskan
relay dan overload dari soket nya.
Setting multi tester
pada posisi pengukur ohm. tempel kan pen multitester ke body kompresor dan yang
lainnya hubungkan ke 3 buah soket yang terdapat pada kompresor satu persatu,
jika tidak ada sama sekali resistansi dari ketiga soket ini yang terukur
berarti elektro motor kompresor benar-benar dalam keadaan baik.
Mengecek gulungan
elektro motor di dalam kompresor bagian 3 masih pada ke 3 Pin atau soket yang
terdapat pada kompresor dan multitester pada posisi ohm meter, ukurlah ketiga
soket ini dengan cara soket tempat overload tertancap menjadi soket utama atau
misalkan soket C (biasanya berada paling atas atau paling bawah / tidak
berdampingan) dihubungkan dengan soket S dan kemudian C lagi dengan R, dari
hasil pengukuran ini harus didapat resistansi antara 15 sampai 25 ohm untuk
pengukuran dari C (common) dengan R (running) dan 20 sampai 40 ohm untuk C
(common) dengan S (start), jika hasil pengukuran adalah 0 ohm bahkan lebih
tinggi berarti lilitan/gulungan elektro motor konslet/rusak atau terputus.
BAB III
CARA PENGGANTIAN
KOMPRESSOR KULKAS
A.
Cara
Penggantian Kompressor Kulkas
Bila anda tidak
mengetahui besarnya kapasitas compressor/pk lemari es yang akan anda ganti,
sebaiknya anda mencatat kode/typy lemari es tersebut lalu anda tanyakan pada
showroom merk lemari es tersebut. Bila compressor yang akan anda ganti
kapasitasnya kebesaran atau kekecilan akan membuat kinerja lemari es tersebut
bekerja tidak maksimal, perlu juga anda ketahui pengisian Freon pada lemari es,
tidak semudah melakukan pengisian Freon pada ac split
Hal ini dikarenakan
lemari es menggunakan pipa kapiler yang ukurannya berbeda dengan pipa kapiler
yang digunakan pada ac split dan ac window, pipa kapiler yang berukuran kecil
membuat rentan terhadap kebuntuan aliran Freon jika ada kotoran yang terbawa
pada saat Freon mengalir, ganti strainer dan pipa kapiler dengan yang baru¸
semua ini dilakukan untuk mengantikan compressor yang rusak dengan compressor
yang baru.
Alat yang dibutuhkan
untuk mengganti compressor lemari es adalah :
1.
Alat
– alat pengelasan yaitu tabung LPG dan tabung Oksingen
2.
Manifold
3.
Freon
12 atau Freon 134A tergantung pada data spesifikasi yang ada pada lemari es
4.
Pentil
pengisian Freon
5.
Perak/kawat
las tembaga
6.
Pemotong
pipa / cutter
7.
Flare-nut/flereng
8.
Tools/kunci
perkakas
Compressor lemari es
ada dua macam yaitu :
1.
Compressor
piston
2.
Compressor
rotary
Compressor piston
banyak dipakai pada lemari es satu pintu dan dua pintu, tapi pada lemari es dua
pintu ada juga yang memakai compressor jenis rotary. Dalam hal kwalitas sudah
jelas compressor jenis pistonlah yang paling handal dibandingkan dengan compressor
jenis rotary.
Saya pernah
menggantikan compressor lemari es dengan jenis rotary, pada hari pertama sampai
hari ketiga, lemari es tidak asa masalah(dalam keadaan dingin/normal). Pada
hari keempat lemari es mengalami kebuntuan aliran Freon pada pipa kapiler yang
menyebabkan compressor rotary mengalami kerusakan pada bagian klep compressor.
Mau tidak mau saya harus mengganti compressor yang rusak itu dengan
compressoryang baru kembali, tapi tidak saya ganti dengan type compressor yang
sama, saya menggantinya dengan compressor berjenis piston walaupun saya harus
membuat dudukan tambahan karna ruwang dudukan compressor rotary yang begitu
sempi, karena compressor rotary pada lemari es berbentuk tabung dan berposisi
horizontaldalam penempatannya. Compressor pistonpada lemari es,pipa
keluarnya ada yang tiga buah dan lima buah. Adapun pipa-pipa yang keluar
tiga buah adalah:
Ø satu pipa
tekan/disgcharge.
Ø satu pipa
hisap/suction.
Ø Satu pipa untuk
pengisian Freon.
Pipa-pipa yang
keluar lima buah adalah:
Ø Satu pipa
tekan/discharge
Ø Satu pipa
hisap/suction
Ø Satu pipa untuk
pengisian Freon.
Ø Dua pipa untuk
pendinginan oil compressor yang terletak pada bagian bawah compressor.
Sebelum kita
melepaskan compressor yang rusak yaitu dengan cara memanas
kan sambungan pipa tekan dan sambungan pipa hisap dengan menggunakan alat
pengelasan. Sebelum anda melakukan pelepasan pipa yang berada di bagian
compressor, cabut kabel-kabel yang menuju ke compressor dan pasikan Freon pada
system pendingin/lemari es,sudah anda buang!!!semuanya. yaitu dengan cara
memutuskan ujung dari pipa ukuran 1/8(panjang sekitar 10 cm) yang berada pada
strainer atau membuangnya lewat pentil pengisian Freon.
Setelah compressor
terlepas dari dudukannya pasang compressor yang baru, bila compressor yang anda
ganti menggunakan starting capassitor berarti ada tiga kabel yang menuju ke
terminal compressor,jika tidak menggunakannya berarti hanya dua kabelyang
menuju ke compressor. Saya sarankan sebelum melakukanpegelasan,coba dulu
menjalankan compressor.sebab bila ujung pipa sudah di las, compressor mengalami
kerusakan/macet kita tidak dapat mengembalikanya kembali.
Bila compressor
dapat beroprasi barulah anda melakukan pengelasan pada pipa tekan dan pipa
hisap.bila jalur pipa tekan terbuat dari besi,swaktu anda mengelas pergunakan
boraks agar jalur pipa tekan dapat menyatu dengan pipa teka tembagayang keluar
dari compressor.setelah pengelasan pipa hisap dan pipa tekan sudah
selesai,beralih pada pengelasan pentil pengisian Freon.
sewaktu melakukan
pengelasan pentil,buka pentil agar seal/karet tidak meleleh terkena hantaran
panas,setelah terpasangdan lap dengan kain basah agar hawa panaspada pentil
menghilang,setelah itu pasang kembalipentil seal dan kencang kan.beralih
ketahap pemasangan strainer,terserah anda mau memakai strainer isi silica gel
strainer kosong/tanpa isi silica gel.strainer,lubang pengeluaran untuk pipa
kapiler ada yang 2 lubang dan 1 lubang (yang dua lubang satunya buat
vakum,pasang kapiler 10cm dan ujungnya biarkan terbuka dengan jelas.)
bila pipa kapiler
yang berada pada lemari es anda tidak dapat diganti/heat exchanger(pipa kapiler
berada didalam jalur pipa hisap/suction)dan pipa mengalami kebuntuan, anda
dapat menggantinya dengan cara melepaskan evaporator yaitu dengan cara
memanaskan dengan alat las, tapi sebelumnya luruskan pipa kapiler agar lebih
mudah menarik evaporator keluar.
Pada type lemari es
jaman sekarang jalur pipa suction/hisap dan kapiler dipress didalam body lemari
es tersebut. Bila anda ingin mengganti ppa kapiler bias lewat jalur pembuangan
air atau membolongi body kulkas dengan bor listrik, tapi hati-hati jangan
sampai mengenai pipa condenser. Jadi jalur pipa suction dan pipa kapiler berada
diluar body lemari es.
Setelah strainer dan
pipa kapiler terpasang/sudah dilas, vakum lemari es dengan mesin vakum sampai
300 bila anda tidak mempunyai mesin vakum, lakukan vakum
melalui lubang strainer, bila sudah divakum dan jarum pada manifold tidak naik
keatas bearti tidak ada kebocoran pada sambungan pipa dicompressor, strainer
dan pipa kapiler yang baru saja and alas. Tapi bila jarum manifold masih naik
keatas berarti masih ada kebocoran, cari sampai ketemu kebocoran tersebut.
Setelah tidak ada
ruang kebocoran, operasionalkan lemari es, bukakran manifold pada meter biru
kearah kiri sambil melihat jarum yang ada pada manifold dan isi Freon secara
perlahan-lahan sampai jarum menunjukan angka 20 psi, kemudian stop. ( lakukan
berulang-ulang jangan langsung isi sampai 20 psi agarcompressor tidak cepat
panas ) chek juga ampere compressor dengan clamp meter/tang ampere
Liat sudah berapa
tekanan Freon yang sudah kita isi, sambil mendengarkan apakah ada desiran
aliran Freon dievaporator. Bila ada berarti aliran Freon berjalan lancer, isi
kembali sampai evaporator rata dipenuhi salju(ini untuk lemari es satu pintu)
untuk lemari es dua pintu kita bias melihatnya dari hembusan fan motornya
dibagian pintu atas bila sudah mengeluarkan kabut berarti proses pendinginannya
sudah maksimal.
Untuk pengisian
Freon lemari es tidak dapat dilakukan secara cepat dan mudah seperti mengisi
Freon pada ac split dan dibutuhkan kesabaran bila ternyata setelah kita isi
satu jam kemudian aliran Freon mengalami kebuntuan. Untuk mengetahui lemari es
yang mengalami kebuntuan, sewaktu kita melakukan pengisian Freon dan manifold
sudah menunjukan tekana 10 psi lalu cabut steker lemari es dan lihat apa jarum
manifold naik keatas melebihi dari 10 psi, bila jarum dapat naik keatas berarti
aliran Freon pada system berjalan lancar.
Jenis kerusakan
lainnya sering kita jumpai adanya gangguan pada kompresor, yaitu tidak bisa
distart dan seringkali terdengar suara mendengung. Kerusakan ini mungkin
disebabkan oleh perawatan dan pemakaian yang salah, penurunan arustegangan
listrik yang masuk ke mesin motor (dinamo), kapasitor starting yang terbuka,
relay kontak yang terus terbuka, open sircuit pada starting winding, dan
kumparan (spoel) korsleting dengan body, tekanan kompresor yang baik melebihi
batas, kompresor yang macet, dan kerusakan pada kapasitor starting. Untuk
mengatasi kerusakan ini antara lain perlu dilakukan pemeriksaanyang
telititerhadap sistim kelistrikan dan alat-alat yang berkaitan tersebut.
B.
Alat-alat
yang harus dipersiapkan untuk mengganti Kompressor kulkas
Pertama – tama
siapkan peralatan untuk membelah mein compressor kulkas
1.
Obeng
2.
Bermacam
tang
3.
Gergaji
4.
Compressor
yang mau dibelah/ dioperasi
5.
Siapkan
compressor dan lihat secara jeli bagian mana yang akan kita belah.
6.
Bagian-bagian
compressor yang telah dibelah, terlihat sekat-sekat dalam compressor
BAB IV
PENUTUP
Kesimpula
Gangguan pada mesin pendingin dapat berupa
suara berisik. Apabila dijumpai kulkas yang menimbulkan suara berisik hendaknya
jangan dibiarkan. Kalau dibiarkan berlarut-larut akan mempengaruhi unit
lainnya sehingga timbul kerusakan baru. Sebaiknya diperiksa,
kemungkinan-kemungkinan suara berisik pada mesin pendingin disebabkan oleh
hal-hal berikut: pipa yang berhimpitan dengan cabinet, sekrup atau baut yang
kurang keras atau terlepas, kerusakan pada fan dan kerusakan pada compressor.
Ada beberapa jenis kerusakan yang masih bisa
diperbaiki dari kompressor seperti kerusakan gulungan elektro motor nya dan
kerusakan mekanis, kerusakan gulungan tentu bisa digulung ulang sedangkan untuk
kerusakan mekanis seperti piston, reed valve, sayang untuk kompresor ukuran kecil
tidak ada spare part baru yang dijual, sehingga kita hanya bisa menggantinya
dari hasil copotan kompresor lain, untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tadi
kita harus membelah kompresor tersebut dan harus dilakukan secara cermat dan
bersih
Alat yang dibutuhkan untuk mengganti
compressor lemari es adalah :
Alat – alat pengelasan yaitu tabung LPG dan
tabung Oksingen, Manifold, Freon 12 atau Freon 134A tergantung pada data
spesifikasi yang ada pada lemari es, pentil pengisian Freon, perak/kawat las
tembaga, pemotong pipa / cutter, obeng, tang, dan gergaji besi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar