Breaking News

Selasa, 25 Oktober 2016

MEMPERBAIKI KERUSAKAN KOMPRESOR KULKAS SATU PINTU


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Cara menganalisis dan memperbaiki kerusakan mesin pendingin (kulkas) “lemari es”, terlebih dahulu kita harus mengetahui keadaan mesin pendingin yang bersangkutan. Setelah mengetahui keadaa mesin pendingin itu, selanjutnya dilakukan pemeriksaan.

Pada umumnya gangguan pada kulkas dan freezer terjadi disebabkan oleh kebocoran pada bagian pipa-pipanya, terlalu berlebihan dalam pengisiannya gas freon, konsleting pada kumparan motornya, dan kekurangan dalam pengisian gas freon, dan kebocoran kompresor, adapun kerusakan yang sering terjadi pada kulkas satu pintu diantaranya:

1.   Kulkas Mati Total
Kulkas mati total adalah ketika semua komponen pada kulkas mati dalam waktu yang bersama-sama, hal ini disebabkan oleh aliran listrik yang tidak masuk pada komponen yang ada dalam kulkas.

2.  Kulkas Tidak Dingin
Kulkas tidak dingin dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti : terjadi kebocoran refrigran, kompresor mengalami kerusakan, listrik tidak masuk ke kompresor, PTC rusak, overload rusak, buntu, pintu kulkas tidak tertutup rapat.

3.  Freezer Dingin Tidak Merata
Freezer dingin tidak merata hal ini disebabkan oleh aliran refrigran yang tidak lancar karena disebabkan oleh beberapa hal seperti: tersumbatnya system refrigran, kompresor sudah tidak dapat bekerja maksimal,kekurangan oli, refrigran berkurang, terhambatnya pembuangan panas pada kondensor, evaporator kotor, suhu lingkungan yanf terlalu tinggi.

4.  Freezer Dingin Tidak Maksimal
Freezer dingin tidak maksimal biasanya ditandai dengan es yang ada pada freezer mencair dan tidak bias membeku kembali hal ini disebabkan oleh terlalu banyak beban yang ada dalam freezer, pada evaporator terdapat oli/kotoran, pengatur suhu mengalami kerusakan, overload rusak.

5.  Mesin Kulkas Tidak Bekerja
Sedangkan saat socket ditancapkan pada stop kontak PLN mesin kulkas tidak bekerja sama sekali ini menandakan adaya kerusakan pada mesin kulkas. Motor tidak terdengar gerakannya, kompresor pun demikian ini. Jika menjumpai kerusakan-kerusakan yang demikian ini, maka perlu diadakan perkiraan atau dugaan untuk mengetahui penyebabnya. Umumnya, jika kulkas tidak bekerja meskipun kabel sudah tersambung ke stop kontak mungkin disebabkan oleh hal-hal berikut.
a.  Starting pada kapasitorterbuka
b.  Overload terbuka
c.   Kontak pada relay terus terbuka
d.  Ada kabel socket yang putus
e.  Open sircuitnya pada strating wing tidak berkerja sama sekali.
Inilah masalah - masalah yang sering muncul pada kasus selama saya praktek.

B.  Rumusan Masalah
Dari sekian banyak masalah yang ada, maka muncul pertanyaan-pertanyaan dalam pikiran saya, diantaranya :
1.   Bagaimana cara memeriksa kerusakan pada lemari kulkas ?
2.  Bagaimana cara memperbaiki kompressor kulkas ?
3.  Alat-alat apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengganti Kompressor kulkas?

C.  Tujuan Penulisan
1.   Mengetahui bagaimana cara memeriksa kerusakan pada lemari kulkas
2.  Mengetahui bagaimana cara memperbaiki kompressor kulkas
3.  Mengetahui  alat-alat  yang harus dipersiapkan untuk mengganti Kompressor kulkas





BAB II
CARA MEMERIKSA KERUSAKAN LEMARI ES
A.  Cara Mengatasi Mesin Kulkas Tidak Bekerja
Apabila diduga ada kabel saluran menuju stop kontak yang terputus maka langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut.
a.  Memeriksa sambungan kabel dalam socket. Biasanya gangguan ada di daerah ini dengan terputusnya kabel.
b.  Memeriksa seluruh permukaan kabel mulai dari jack sampai ke mesin pendingin.
c.   Memeriksa pula saluran yang menuju atau yang menempel pada dinamo. Mungkin pada tap-tapnya terlepas.
Apabila diduga gangguan pada overload, biasanya tegangan menjadi turun bahkan lenyap sama sekali. Hal-hal yang perlu dilakukan antara lain.
a.  Memeriksa sumber tegangan.
b.  Mengukur dengan menggunakan multitester untuk mengetahui tegangan yang masuk apakah sesuai dengan kebutuhan mesin pendingin.
c.   Mencari lokasi yang menyebabkan tegangan arus listrik menjadi menurun.
Kulkas tidak bekerja disebabkan pula karena starting kapasitor terbuka. Untuk melihat ini perlu memeriksa kapasitornya. Jika ternyata sudah aus, maka harus diganti dengan yang baru. Jika putus, cukup disolder. Selain itu, mungkin relay kontak terus membuka sehingga arus listrik tidak bisa mengalir. Ini dapat mengakibatkan dinamo tidak mendapatkan tenaga dan tetap mati. Langkah-langkah yang perlu dilakukan saeperti berikut.
a.  Memeriksa kabel-kabel pada relay yang bersangkutan.
b.  Memeriksa plat-plat apakah masih berfungsi.
c.   Memeriksa sistem pengaturan, apakah normal.
Apabila mesin pendingin atau kulkas tidak jalan mungkin juga sircuit pada startingnya mengalami gangguan, tindakan yang harus dilakukan pemeriksaan bagian ini untuk memastikan dugaan. Jika memang terdapat gangguan perlu dilakukan perbaikandengan cara pengaturan yang disesuikan dengan petunjuk.
Gangguan lain pada mesin pendingin dapat berupa suara berisik. Apabila dijumpai kulkas yang menimbulkan suara berisik hendaknya jangan dibiarkan. Kalau dibiarkan berlarut-larut dikhawatirkan akan mempengaruhi unit lainnyasehingga timbul kerusakan baru. Sebaiknya diperiksa. Kemungkinan-kemungkinan suara berisik pada mesin pendingin disebabkan oleh hal-hal berikut.
• pipa yang berhimpitan dengan cabinet,
• sekrup atau baut yang kurang keras atau terlepas,
• kerusakan pada fan, dan

B.  Cara Memeriksa Kompressor Kulkas
Dalam sebuah sistem pendingin seperti AC, Kulkas, Freezer, Chiller, Show case dll Kompresor adalah sebuah komponen vital yang berfungsi mensirkulasi kan Gas Refrigerant. jika kompresor mengalami gangguan atau mengalami kerusakan, pada umumnya pemilik enggan untuk mengganti komponen ini dengan yang baru, dengan harga yang cukup tinggi dipasaran, harga kompressor kulkas 1 pintu saja bisa dibandrol tidak terpaut jauh dengan harga beli kulkas bekas yang masih layak pakai.

Ada beberapa jenis kerusakan yang masih bisa diperbaiki dari alat ini seperti kerusakan gulungan elektro motor nya dan kerusakan mekanis, kerusakan gulungan tentu bisa digulung ulang sedangkan untuk kerusakan mekanis seperti piston, reed valve dll, sayang untuk kompresor ukuran kecil tidak ada spare part baru yang dijual, sehingga kita hanya bisa menggantinya dari hasil copotan kompresor lain, untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tadi kita harus membelah kompresor tersebut dan harus dilakukan secara cermat dan bersih.

Agar tidak ribet dan mesti merogoh kocek terlalu dalam jika suatu hari kulkas anda mengalami hal yang tidak diharapkan, lebih baik menyimak tips dari saya tentang cara memeriksa kondisi "kesehatan" kompresor kulkas anda, siapa tahu bermanfaat.
Mengecek  gulungan elektro motor di dalam kompresor bagian 1 Biarkan kulkas dalam keadaan on,siapkan peralatan utama seperti Obeng, Tang, Multi tester dan jika ada clamp meter.

Setting clamp meter (biasa disebut tang ampere) pada posisi pengukuran ampere, selipkan kabel yang terhubung dengan overload switch kedalam lingkar clamp meter dan perhatikan hasil pengukuran nya harus lebih rendah atau sama dengan data spesifikasi yang tertulis dari pabrik kulkas tadi, misalkan jika tertulis "current : 0,6amp" maka hasil pengukuran harus sama atau sedikit lebih rendah tetapi jika melebihi silahkan periksa tegangan listriknya dulu apakah sesuai kebutuhan (220v) atau tidak, jika suara yang ditimbulkan kompressor lebih kasar pun bisa berakibat naiknya arus ampere yang terukur.

Setting multitester pada posisi pengukuran arus AC,dengan pen pengukur multitester pertama dihubungkan kelantai kemudian yang lainnya ke body kompresor (pastikan kebagian kompresor yang tidak dicat misalkan baud ground di kompresor atau pipa tembaga nya, lihat apakah ada tegangan yang terukur di multi tester hasil dari langkah tadi, jika tidak ada berarti gulungan dalam keadaan baik Mengecek gulungan elektro motor di dalam kompresor bagian 2.

Matikan kulkas dengan mencabut steker dari stop kontak bukalah penutup soket listrik kompresor yang berada biasanya di sisi kiri atau kanan kompresor (lihat gambar) lepaskan relay dan overload dari soket nya.

Setting multi tester pada posisi pengukur ohm. tempel kan pen multitester ke body kompresor dan yang lainnya hubungkan ke 3 buah soket yang terdapat pada kompresor satu persatu, jika tidak ada sama sekali resistansi dari ketiga soket ini yang terukur berarti elektro motor kompresor benar-benar dalam keadaan baik.

Mengecek gulungan elektro motor di dalam kompresor bagian 3 masih pada ke 3 Pin atau soket yang terdapat pada kompresor dan multitester pada posisi ohm meter, ukurlah ketiga soket ini dengan cara soket tempat overload tertancap menjadi soket utama atau misalkan soket C (biasanya berada paling atas atau paling bawah / tidak berdampingan) dihubungkan dengan soket S dan kemudian C lagi dengan R, dari hasil pengukuran ini harus didapat resistansi antara 15 sampai 25 ohm untuk pengukuran dari C (common) dengan R (running) dan 20 sampai 40 ohm untuk C (common) dengan S (start), jika hasil pengukuran adalah 0 ohm bahkan lebih tinggi berarti lilitan/gulungan elektro motor konslet/rusak atau terputus.

  
BAB III
CARA PENGGANTIAN KOMPRESSOR KULKAS
A.  Cara Penggantian Kompressor  Kulkas
Bila anda tidak mengetahui besarnya kapasitas compressor/pk lemari es yang akan anda ganti, sebaiknya anda mencatat kode/typy lemari es tersebut lalu anda tanyakan pada showroom merk lemari es tersebut. Bila compressor yang akan anda ganti kapasitasnya kebesaran atau kekecilan akan membuat kinerja lemari es tersebut bekerja tidak maksimal, perlu juga anda ketahui pengisian Freon pada lemari es, tidak semudah melakukan pengisian Freon pada ac split

Hal ini dikarenakan lemari es menggunakan pipa kapiler yang ukurannya berbeda dengan pipa kapiler yang digunakan pada ac split dan ac window, pipa kapiler yang berukuran kecil membuat rentan terhadap kebuntuan aliran Freon jika ada kotoran yang terbawa pada saat Freon mengalir, ganti strainer dan pipa kapiler dengan yang baru¸ semua ini dilakukan untuk mengantikan compressor yang rusak dengan compressor yang baru.
Alat yang dibutuhkan untuk mengganti compressor lemari es adalah :
1.   Alat – alat pengelasan yaitu tabung LPG dan tabung Oksingen
2.  Manifold
3.  Freon 12 atau Freon 134A tergantung pada data spesifikasi yang ada pada lemari es
4.  Pentil pengisian Freon
5.  Perak/kawat las tembaga
6.  Pemotong pipa / cutter
7.  Flare-nut/flereng
8.  Tools/kunci perkakas
Compressor lemari es ada dua macam yaitu :
1.   Compressor piston
2.  Compressor rotary
Compressor piston banyak dipakai pada lemari es satu pintu dan dua pintu, tapi pada lemari es dua pintu ada juga yang memakai compressor jenis rotary. Dalam hal kwalitas sudah jelas compressor jenis pistonlah yang paling handal dibandingkan dengan compressor jenis rotary.

Saya pernah menggantikan compressor lemari es dengan jenis rotary, pada hari pertama sampai hari ketiga, lemari es tidak asa masalah(dalam keadaan dingin/normal). Pada hari keempat lemari es mengalami kebuntuan aliran Freon pada pipa kapiler yang menyebabkan compressor rotary mengalami kerusakan pada bagian klep compressor. Mau tidak mau saya harus mengganti compressor yang rusak itu dengan compressoryang baru kembali, tapi tidak saya ganti dengan type compressor yang sama, saya menggantinya dengan compressor berjenis piston walaupun saya harus membuat dudukan tambahan karna ruwang dudukan compressor rotary yang begitu sempi, karena compressor rotary pada lemari es berbentuk tabung dan berposisi horizontaldalam penempatannya. Compressor  pistonpada lemari es,pipa keluarnya ada  yang tiga buah dan lima buah. Adapun pipa-pipa yang keluar tiga buah adalah:
Ø  satu pipa tekan/disgcharge.
Ø  satu pipa hisap/suction.
Ø  Satu pipa untuk pengisian Freon.
Pipa-pipa yang keluar lima buah adalah:
Ø  Satu pipa tekan/discharge
Ø  Satu pipa hisap/suction
Ø  Satu pipa untuk pengisian Freon.
Ø  Dua pipa untuk pendinginan oil compressor yang terletak  pada bagian bawah compressor.

Sebelum kita melepaskan  compressor yang rusak yaitu  dengan cara memanas kan  sambungan pipa tekan dan sambungan pipa hisap dengan menggunakan alat pengelasan. Sebelum anda melakukan pelepasan pipa yang berada di bagian compressor, cabut kabel-kabel yang menuju ke compressor dan pasikan Freon pada system pendingin/lemari es,sudah anda buang!!!semuanya. yaitu dengan cara memutuskan ujung dari pipa ukuran 1/8(panjang sekitar 10 cm) yang berada pada strainer atau membuangnya lewat pentil pengisian Freon.

Setelah compressor terlepas dari dudukannya pasang compressor yang baru, bila compressor yang anda ganti menggunakan starting capassitor berarti ada tiga kabel yang menuju ke terminal compressor,jika tidak menggunakannya berarti hanya dua kabelyang menuju ke compressor. Saya sarankan sebelum melakukanpegelasan,coba dulu menjalankan compressor.sebab bila ujung pipa sudah di las, compressor mengalami kerusakan/macet kita tidak dapat mengembalikanya kembali.
Bila compressor dapat beroprasi barulah anda melakukan pengelasan pada pipa tekan dan pipa hisap.bila jalur pipa tekan terbuat dari besi,swaktu anda mengelas pergunakan boraks agar jalur pipa tekan dapat menyatu dengan pipa teka tembagayang keluar dari compressor.setelah pengelasan pipa hisap dan pipa tekan sudah selesai,beralih pada pengelasan pentil pengisian Freon.

sewaktu melakukan pengelasan pentil,buka pentil agar seal/karet tidak meleleh terkena hantaran panas,setelah terpasangdan lap dengan kain basah agar hawa panaspada pentil menghilang,setelah itu pasang kembalipentil seal dan kencang kan.beralih ketahap pemasangan strainer,terserah anda mau memakai strainer isi silica gel strainer kosong/tanpa isi silica gel.strainer,lubang pengeluaran untuk pipa kapiler ada yang 2 lubang dan 1 lubang (yang dua lubang satunya buat vakum,pasang kapiler 10cm dan ujungnya biarkan terbuka dengan jelas.)

bila pipa kapiler yang berada pada lemari es anda tidak dapat diganti/heat exchanger(pipa kapiler berada didalam jalur pipa hisap/suction)dan pipa mengalami kebuntuan, anda dapat menggantinya dengan cara melepaskan evaporator yaitu dengan cara memanaskan dengan alat las, tapi sebelumnya luruskan pipa kapiler agar lebih mudah menarik evaporator keluar.

Pada type lemari es jaman sekarang jalur pipa suction/hisap dan kapiler dipress didalam body lemari es tersebut. Bila anda ingin mengganti ppa kapiler bias lewat jalur pembuangan air atau membolongi body kulkas dengan bor listrik, tapi hati-hati jangan sampai mengenai pipa condenser. Jadi jalur pipa suction dan pipa kapiler berada diluar body lemari es.

Setelah strainer dan pipa kapiler terpasang/sudah dilas, vakum lemari es dengan mesin vakum sampai 300 bila anda tidak mempunyai mesin vakum, lakukan vakum melalui lubang strainer, bila sudah divakum dan jarum pada manifold tidak naik keatas bearti tidak ada kebocoran pada sambungan pipa dicompressor, strainer dan pipa kapiler yang baru saja and alas. Tapi bila jarum manifold masih naik keatas berarti masih ada kebocoran, cari sampai ketemu kebocoran tersebut.

Setelah tidak ada ruang kebocoran, operasionalkan lemari es, bukakran manifold pada meter biru kearah kiri sambil melihat jarum yang ada pada manifold dan isi Freon secara perlahan-lahan sampai jarum menunjukan angka 20 psi, kemudian stop. ( lakukan berulang-ulang jangan langsung isi sampai 20 psi agarcompressor tidak cepat panas ) chek juga ampere compressor dengan clamp meter/tang ampere

Liat sudah berapa tekanan Freon yang sudah kita isi, sambil mendengarkan apakah ada desiran aliran Freon dievaporator. Bila ada berarti aliran Freon berjalan lancer, isi kembali sampai evaporator rata dipenuhi salju(ini untuk lemari es satu pintu) untuk lemari es dua pintu kita bias melihatnya dari hembusan fan motornya dibagian pintu atas bila sudah mengeluarkan kabut berarti proses pendinginannya sudah maksimal.

Untuk pengisian Freon lemari es tidak dapat dilakukan secara cepat dan mudah seperti mengisi Freon pada ac split dan dibutuhkan kesabaran bila ternyata setelah kita isi satu jam kemudian aliran Freon mengalami kebuntuan. Untuk mengetahui lemari es yang mengalami kebuntuan, sewaktu kita melakukan pengisian Freon dan manifold sudah menunjukan tekana 10 psi lalu cabut steker lemari es dan lihat apa jarum manifold naik keatas melebihi dari 10 psi, bila jarum dapat naik keatas berarti aliran Freon pada system berjalan lancar.

Jenis kerusakan lainnya sering kita jumpai adanya gangguan pada kompresor, yaitu tidak bisa distart dan seringkali terdengar suara mendengung. Kerusakan ini mungkin disebabkan oleh perawatan dan pemakaian yang salah, penurunan arustegangan listrik yang masuk ke mesin motor (dinamo), kapasitor starting yang terbuka, relay kontak yang terus terbuka, open sircuit pada starting winding, dan kumparan (spoel) korsleting dengan body, tekanan kompresor yang baik melebihi batas, kompresor yang macet, dan kerusakan pada kapasitor starting. Untuk mengatasi kerusakan ini antara lain perlu dilakukan pemeriksaanyang telititerhadap sistim kelistrikan dan alat-alat yang berkaitan tersebut.

B.  Alat-alat  yang harus dipersiapkan untuk mengganti Kompressor kulkas
Pertama – tama siapkan peralatan untuk membelah mein compressor kulkas
1.   Obeng
2.  Bermacam tang
3.  Gergaji
4.  Compressor yang mau dibelah/ dioperasi
5.  Siapkan compressor dan lihat secara jeli bagian mana yang akan kita belah.
6.  Bagian-bagian compressor yang telah dibelah, terlihat sekat-sekat dalam compressor


BAB IV
PENUTUP
Kesimpula
Gangguan pada mesin pendingin dapat berupa suara berisik. Apabila dijumpai kulkas yang menimbulkan suara berisik hendaknya jangan dibiarkan. Kalau dibiarkan berlarut-larut  akan mempengaruhi unit lainnya sehingga timbul kerusakan baru. Sebaiknya diperiksa, kemungkinan-kemungkinan suara berisik pada mesin pendingin disebabkan oleh hal-hal berikut: pipa yang berhimpitan dengan cabinet, sekrup atau baut yang kurang keras atau terlepas, kerusakan pada fan dan kerusakan pada compressor.

Ada beberapa jenis kerusakan yang masih bisa diperbaiki dari kompressor seperti kerusakan gulungan elektro motor nya dan kerusakan mekanis, kerusakan gulungan tentu bisa digulung ulang sedangkan untuk kerusakan mekanis seperti piston, reed valve, sayang untuk kompresor ukuran kecil tidak ada spare part baru yang dijual, sehingga kita hanya bisa menggantinya dari hasil copotan kompresor lain, untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tadi kita harus membelah kompresor tersebut dan harus dilakukan secara cermat dan bersih

Alat yang dibutuhkan untuk mengganti compressor lemari es adalah :
Alat – alat pengelasan yaitu tabung LPG dan tabung Oksingen, Manifold, Freon 12 atau Freon 134A tergantung pada data spesifikasi yang ada pada lemari es, pentil pengisian Freon, perak/kawat las tembaga, pemotong pipa / cutter, obeng, tang, dan gergaji besi.

Tidak ada komentar:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog